Welcome to Heydar Aliyevs Heritage Research Center

Pidato Presiden Republik Azerbaijan Haidar Aliyev yang bertema “Peluang-peluang baru di daerah Laut Hitam” dalam konferensi bisnis yang diselenggarakan di Istanbul – 28 april 1997


Yang terhormat tuan ketua!

Para hadirin yang terhormat!

Saya dari lubuk hati menyambut para kepala negara dan pemerintah, semua peserta konferensi bisnis “Peluang-peluang baru di daerah Laut Hitam” yang diselenggarakan oleh Dewan Usaha Organisasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam bersama dengan Dewan Hubungan Ekonomi Luar Negeri Republik Turki. 

Saya berterima kasih kepada yang terhormat Presiden Sulaiman Damirel, para penyelenggara konferensi ini atas keramah-tamahan dan syarat baik yang diciptakan untuk kami.

Cukup penting, bahwa pertemuan kita ini diselenggarakan di kota Istanbul yang indah. Lima tahun yang lalu, pada bulan Juni tahun 1992 justeru di sini sebelas negara daerah Laut Hitam mengumumkan didirikannya organisasi internasional baru yang harus menjadikan daerah kita ini sebagai daerah yang damai, stabil dan maju, meningkatkan kesejahteraan rakyat-rakyat kita.

Dengan senang hati bisa mencatat, bahwa lima tahun terakhir ini membuktikan secara yakin kebenarannya keputusan tersebut, keperluannya Organisasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam. Pada periode itu dilakukan banyak kerja untuk pengembangan dan pendalaman kerjasama kita di beberapa bidang, diperoleh hasil-hasil positif dalam perdagangan daerah dan kerja sama ekonomi.

Semua ini telah membantu penciptaan suasana dan kondisi yang menguntungkan untuk mencapai tingkat dan bentuk yang lebih tinggi kerja sama kita. Konferensi bisnis negara-negara Organisasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam juga adalah salah satu bentuk baru yang sedemikian. Konferensinya diikuti para usahawan dan utusan kalangan bisnis dari negara-negara peserta Organisasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam. Tak dapat diragukan lagi bahwa itu akan membantu keberhasilan kerja sama kita, konkretisasi rencana-rencana, pendirian perusahaan-perusahaan patungan yang baru dan penyelesaian masalah-masalah yang masih ada.

Ikut sertanya para kepala negara dan pemerintah negara-negara Organisasi Kerjasama Ekonomi Laut Hitam, para utusan PBB, Bank Rehabilitasi dan Pembangunan Dunia, Bank Rehabilitasi dan Pembangunan Eropa, Lembaga Keuangan Internasional dan para kepala beberapa lembaga internasional berwibawa yang lain dalam pertemuan ini membuktikan betapa pentingnya Organisasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam.

Saya yakin, bahwa konferensi kita ini akan menciptakan suasana yang baik untuk penggunaan potensi besar ekonominya daerah kita, peningkatan investasi dan pelaksanaan proyek-proyek ekonomi regional kita secara praktis.

Misalnya, ada kemungkinan besar untuk bekerja sama di bidang-bidang pengangkutan, ketenagaan, komunikasi, untuk menanam modal. Proyek-proyek infrastruktur transportasi daerah Kerja sama Ekonomi Laut Hitam adalah sangat penting. Infrastruktur ini akan mengintegrasikan ke sistem transportasi Eropa. Dikoordinasikannya proyek-proyek transportasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam dengan proyek-proyek “TRASECA” akan membuka kemungkinan seluas-luasnya untuk pengangkutan antara negara-negara Eropa dan Asia.

Proyek penyambungan sistem-sistem ketenagaan listrik negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Ekonomi Laut Hitam adalah proyek yang berperspektif. Ini dapat dianggap juga sebagai langkah yang diambil untuk penciptaan sistem-sistem ketenagaan listrik Eropa-Asia yang bergabung. Daerah Laut Hitam berarti istimewa untuk pengangkutan bahan-bahan energi daerah Laut Kaspia. Sehubungan dengan itu timbul keperluan penciptaan sistem yang aman dan dapat dipercayai dari segi ekologi untuk pengangkutan bahan-bahan energi tersebut.

Azerbaijan tertarik pada proyek-proyek ini dan berniat ikut serta dalam persiapan dan pelaksanaan proyek-proyek it secara aktif.

Ibu dan Bapak yang terhormat!

Tujuan utama Kerja sama Ekonomi Laut Hitam adalah penjaminan kemakmuran daerah kita, perdamaian dan kesejahteraan bagi rakyat kita. Oleh karena itu, tidak dapat dibiarkan pelanjutannya konflik-konflik militer yang masih ada di daerah ini.

Sebagaimana diketahui, akibat agresi Republik Armenia Republik Azerbaijan menderita kerugian besar – dua puluh persen wilayahnya sudah direbut, lebih dari satu juta penduduk Azerbaijan dijadikan sebagai pengungsi dan tinggal dalam syarat-syarat yang sangat berat.

Pada bulan Desember tahun 1996 Konferensi tingkat tinggi Lisabon OKKE atas nama 53 anggota organisasi ini menerima prinsip-prinsip utama untuk pemecahan konflik Armenia-Azerbaijan. Prinsip-prinsip utama tersebut adalah sebagai berikut:

-          Keutuhan teritorial Azerbaijan dan Armenia;

-          Pemberian otonomi yang tinggi kepada Garabagh Atas dalam susunan Republik Azerbaijan;

-          Penjaminan keamanan bagi semua penduduk Garabagh Atas.

Majelis Parlemen Dewan Eropa juga mengesahkan prinsip-prinsip tersebut dalam resolusinya pada tanggal 22 bulan  April tahun 1997.

Kami dari pihak sendiri mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencapai pelaksanaan keputusan-keputusan Konferensi tingkat tinggi Lisabon itu secara praktis dan kita berharap, bahwa tahun 1997 akan menjadi tahun penentu untuk  mencapai perjanjian damai. Kami mengharapkan penguatan kegiatan Golongan Minsk, usaha bersama para ketua bersama Konferensi Minsk, yaitu Rusia, AS, Prancis, juga bantuan negara-negara Lingkungan Laut Hitam dalam penyelesaian secara damai konflik panjang ini.

Kita mengajak Armenia memecahkan konflik ini secara damai berdasarkan prinsip-prinsip yang dikesahkan oleh Konferensi tingkat tinggi Lisabon OKKE.

Mempergunakan mimbar ini saya memastikan lagi pikiran final Republik Azerbaijan, bahwa negara kami berniat mematuhi persetujuan tentang gencatan senjata yang sudah berlanjut selama tiga tahun ini sampai perjanjian damai akan ditandatangani.

Saya berharap, bahwa dengan usaha bersama kita akan mencapai pemecahan semua konflik di daerah kita ini, akan mampu meletakkan fondasi perdamaian abadi, stabilitas, kemajuan dan kerja sama rakyat-rakyat kita.

Terima kasih atas perhatian!

Surat kabar “Azerbaijan”, 29 April tahun 1997